Minggu, 08 Mei 2011

Mathias Muchus Kampanye Pelestarian Hutan Indonesia

Mathias Muchus Kampanye Pelestarian Hutan Indonesia

 
Mathias Muchus 

Semakin menyusutnya luas dan menurunnya kualitas hutan di Indonesia menggugah aktor senior Indonesia, Mathias Muchus, untuk turut berpatisipasi dalam kampanye pelestarian hutan. Mathias Muchus yang pernah meraih Piala Citra sebagai pemeran terbaik pada tahun 1988 lewat film ISTANA KECANTIKAN itu mendukung kampanye ProFauna untuk pelestarian hutan Indonesia.

Mathias Muchus selain dikenal sebagai bintang film senior Indonesia, kini juga menjadi sutradara film. Suami dari Mira Lesmana ini adalah pribadi yang dikenal peduli akan pelestarian alam. Kini ia bergabung dengan ProFauna untuk menyuarakan pelestarian hutan Indonesia yang dari tahun ke tahun terus mengalami penyusutan.

"Hutan dan manusia itu tidak bisa dipisahkan, mereka saling bergantung. Manusia tanpa hutan itu lama-lama akan keropos dan mati, begitupun sebaliknya. Jadi dalam hal ini manusia harus bisa melihat hutan sebagai nafas kehidupan," tutur Mathias, Jumat (6/5).

Ia meyakini bahwa jika tanpa hutan, maka itu adalah cikal bakal kehancuran untuk kehidupan manusia.

"Hutan bukan hanya berisi kayu, namun banyak kehidupan lain seperti satwa dan juga makhluk hidup yang teramat kecil," ujar sineas yang baru saja meluncurkan film RINDU PURNAMA itu.

ProFauna dan Mathias Muchus memandang bahwa hutan itu perlu dilestarikan sebagai sebuah ekosistem, bukan hanya dipandang sebagai sebuah kumpulan kayu belaka. Pelestarian hutan membutuhkan partisipasi aktif semua pihak, termasuk masyarakat yang hidup di kota. (kpl/prl/bun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar