Minggu, 24 April 2011

Untuk Wanita: Curhat Glenn Soal Cinta, Musik & Wanita Hebat

Untuk Wanita: Curhat Glenn Soal Cinta, Musik & Wanita Hebat

Untuk Wanita: Curhat Glenn Soal Cinta, Musik & Wanita Hebat
Glenn (Yulia Dian/detikhot) 
 
Jakarta - Berpakaian serba putih band pengiring Glenn Fredly muncul di balik tirai merah merona Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2001). Mereka ambil kuda-kuda mengiringi konser akustikan 'Untuk Wanita' Glenn. Lalu di mana Glenn?

Berjalan tanpa alas kaki, Glenn muncul dari tengah-tengah penonton. Ia berjalan santai dengan mendapat sorak sorai dan tepuk tangan penonton konsernya yang kebanyakan para perempuan. Seperti biasa, senyum Glenn yang ramah membalas. Sementara tepuk tangan dan teriakan 'Glenn, I love you' terdengar jelas.

Diiringi piano, Glenn membuka konsernya dengan lagu 'Lovevolution' dan 'How Can I' dengan suasana romantis. Terbuailah penonton. Terlebih saat dirinya membawakan 'Januari', penonton gemuruh, sorak sorai, seakan terhanyut dengan suara mantan suami Dewi Sandra itu. Glenn memengaku sengaja membawakan lagu-lagu tersebut di awal, karena banyak sekali yang meminta.

"Sengaja saya taruh lagu itu di awal supaya kalian tidak protes lagi," kata Glenn diiringi tawa.

Konser tersebut pun dibuka dengan sebuah persembahan untuk Franky Sahilatua yang telah tiada. Penyanyi balada alam itu sangat berarti di mata Glenn karena sosoknya banyak memberikan inspirasi kepadanya. Terutama soal pandangan bermusik.

Dengan bernyanyi 'Lelaki dan Rembulan' dan 'Orang Pinggiran' milik Franky, Glenn terlihat begitu terharu. Tak terlebih penontonnya, ditambah ada foto Franky yang terpampang di belakang Glenn.

"Begitu banyak cerita yang ingin saya bagi, tapi ternyata menjadi musisi bukan hanya sekadar menghibur orang. Tapi selalu bicara tentang kebenaran yang ada," kata Glenn.

Setelah itu suasana cair kembali setelah 'Kafe Biru', 'Jauh' dan 'Linda' ia bawakan. Ia pun mulai bercerita soal perjalanan kariernya hingga memutuskan untuk vakum sementara produksi album karena gelisah dengan keadaan industri musik Indonesia.

Selama perjalanan kariernya, album 'Selamat Pagi Dunia' merupakan album fenomenal baginya. "Bukan masalah laku atau tidak. Saya nggak ada formula bikin lagu, cuma saya jujur dalam menuangkan karya-karya saya," ucap Glenn sambil menenteng gitar bolong kesayangannya.

Ia pun membuktikan salah satu lagu yang dibuat dengan kejujuran itu. 'Sedih Tak Berujung' dan 'Sekali Ini Saja'. Penonton pun terkesima, "ooowwwwhhhhh."

"Peluklah apa yang bisa dipeluk teman-teman. Biarlah sahabatmu atau temanmu menangis di pundakmu," kata Glenn yang menandai suasana semakin romantis, ditambah dengan lagu 'Akhir Cerita Cinta'.

Sepanjang kariernya, Glenn memang termasuk penyanyi yang mendomentasikan setiap penggal hidupnya dalam lagu. Begitu juga dalam memilih pasangan duet, Glenn selalu selektif. Misalnya saja saat memilih Dewi Persik sebagai pasangan duet. Di tengah gosip dan masalah pribadi Dewi yang terekspose, Glenn yakin pedangdut asal Jember, Jawa Timur itu cocok dengan dirinya. Dan ternyata benar saja, Dewi menurut Glenn sangat memukau.

"Banyak yang nggak sangka saya kerjasama dengan Dewi Persik. Bosan karana kehidupan dia diangkat" ungkapnya.

Selain itu Glenn pun bercerita bahwa di GKJ ini dirinya memulai karier sebagai penyanyi profesional. Lewat ajang pencarian bakat Cipta Pesona Bintang, Glenn maju. CPB juga melahirkan banyak penyanyi-penyanyi handal. Sebut saja Krisdayanti yang kini menjadi diva.

"Makanya dejavu buat saya untuk kembali di gedung ini. Saat itu papa mama saya ikut di final," ungkapnya.

Malam pun semakin larut, 2 jam kurang sejak pukul 20.45 WIB Glenn bermain. Lagu 'No One Else But You', 'Jejak Langkah', 'Tega', 'Ksatria Cinta', dan 'Karena Cinta' dibiarkan Glenn mengalun untuk menyisakan ruang romantisme kepada penontonnya, ia pun tak ingin terlalu bicara panjang lebar.

Di penghujung konsernya tersebut Glenn memberikan sebuah kata penutup. Glenn mempersembahkan konsernya tersebut untuk para wanita hebat, termasuk ibundanya, Linda.

"Perubahan akan lahir justru dari wanita, perubahan akan lahir dari wanita, wanita berani untuk berkata benar. Lagu ini saya persembahkan untuk wanita-wanita hebat di luar sana," tutup Glenn yang selanjutnya menyanyikan 'Tetes Embun', 'Perahu Retak', 'Kisah Romantis', dan 'My Everything'.

Selamat Hari Kartini... 
 
/detikhot.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar