Minggu, 24 April 2011

P Sutradara Film Belajar Merakit Bom Lewat Buku dan Internet

P Sutradara Film Belajar Merakit Bom Lewat Buku dan Internet

P Sutradara Film Belajar Merakit Bom Lewat Buku dan Internet
Bom buku (detikhot) 
 
Jakarta P sutradara film sudah ditahan dan kini menjalani pemeriksaan Densus 88 terkait bom buku dan bom di pipa gas Serpong. Diperoleh keterangan dari P, dia merakit sendiri bom tersebut.

"Dia yang merakit bom itu, dia belajar dari buku dan internet," Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai saat dihubungi detikcom, Jumat (22/4/2011).

P dinilai Ansyaad memiliki kemampuan dan kepintaran untuk merakit bom. "Dia pintar, dia tamatan universitas," imbuhnya.

P berubah sikap, cenderung melakukan gerakan radikal setelah dia membaca buku-buku tentang jihad. "Dia hobi membaca buku-buku tentang jihad, jadi ya buku itu menginspirasinya," imbuhnya.

Motif P dalam melakukan aksinya, lanjut Ansyaad, bermotif jihad. "Dia tipe kalau dalam teori counter terorism, self radicalization, jadi otodidak diperoleh dari literatur. Dia punya semangat melakukan jihad, dan terpengaruh kasus sebelumnya," tuturnya.

P ditangkap Densus dalam penggerebekan di Aceh pada Kamis (21/4). "Dia melarikan diri ke sana," imbuh Ansyaad.

Diketahui pada Kamis pagi, Mabes Polri mengungkap plot rencana peledakan pipa gas Serpong. Polisi mengamankan 9 paket bom yang disebar pelaku teror di sekitar pipa gas dan Christ Catedhral. Polisi menangkap 19 pelaku terkait rencana peledakan ini. /detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar