Sabtu, 16 April 2011

Alasan LPSK Belum Mempertemukan Arumi dengan Orangtuanya

Alasan LPSK Belum Mempertemukan Arumi dengan Orangtuanya

Alasan LPSK Belum Mempertemukan Arumi dengan Orangtuanya
Arumi (Fakhmi/detikhot) 
Jakarta Sudah hampir 6 bulan, pesinetron Arumi kabur dari rumahnya dan berada dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Apa alasan LPSK belum mempertemukan Arumi dengan orangtuanya?

Berikut ini alasan yang disampaikan Wakil Ketua LPSK, Lies Sulistiani kepada detikhot, Sabtu (16/4/2011).

Mengapa kasus Arumi ini begitu rumit?
Yang bikin rumit siapa ya? Sebetulnya nggak rumit sih. Sepanjang laporannya belum di SP3-kan (dihentikan penyidikannya) ya kita akan terus memberi perlindungan. Kapan misalnya laporan itu ditindaklanjuti, ya kita tidak tahu karena itu sudah masuk domainnya polisi yang punya kewenangan untuk melakukan penyelidikan. Kita tunggu saja, karena memang belum berakhir juga penyelidikannya dan kita belum memutuskan untuk menghentikan perlindungannya karena kita menganggap memang masih perlu.

Bagaimana menanggapi anggapan miring beberapa pihak kepada LPSK yang terkesan menjauhkan Arumi dari keluarganya?
Mengenai gembar-gembor orang, saya nggak terlalu hiraukan juga ya. Karena orang semata-mata melihat kasus ini hanya persoalan domestik. Padahal ini kan ini persoalan hukum mengenai kasus KDRT.

Tidak ada LPSK menghalang-halangi orangtuanya bertemu Arumi. Aruminya sendiri yang tidak mau, bukan direkayasa. Beban buat dia bertemu dengan banyak orang termasuk keluarganya. Kalau dipaksa kan bisa kenapa-kenapa.

Pendekatannya harus pelan-pelan. Yang kita khawatir kan kalau dipaksa ini anak melarikan diri atau melakukan hal-hal yang tidak diinginkan padahal statusnya dalam perlindungan kita (LPSK). Kami kan takut juga.

Perlindungan seperti apa yang diberikan kepada Arumi selama ini?
Kita selalu mengawasi perkembangan psikologis arumi. Kalau ngobrol gimana, kalau cerita bagaimana dan beraktifitas gimana.

Kondisi Arumi saat ini?
Dia orangnya pembawaannya ceria. Dia pintar, cantik dan cerdas. Dia berpotensi untuk maju, tapi tergantung siapa orang-orang di dekat dia.

Sikapnya kekanak-kanakan, tapi secara pikiran dia maju dan cerdas. Di sisi lain, dia mudah terharu dan menangis ketika menceritakan masalahnya dan kisahnya. Dia langsung nangis kalau cerita itu.

Selama ini Arumi kegiatannya apa?
Selama di sana (rumah perlindungan yang dirahasiakan keberadaannya), dia suka menulis untuk mengusir kesepiannya. Menuangkan kegiatannya sehari-hari lewat tulisan. /detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar