Kamis, 21 April 2011

Addie MS Rekam 25 Lagu Daerah Indonesia di Praha

Addie MS Rekam 25 Lagu Daerah Indonesia di Praha

Addie MS Rekam 25 Lagu Daerah Indonesia di Praha
Addie MS (dok.KBRI Praha) 
Jakarta - Konduktor dan salah satu pendiri Twilite Orchestra, Addie MS merekam 25 lagu daerah Indonesia di Praha, Ceko. Kota Praha dipilih karena memiliki fasilitas studio rekaman bertaraf internasional yaitu Smecky Studio.

Sebagai upaya mengawali perkenalan orkestra Indonesia di Ceko, Duta Besar RI di Praha, Emeria W.A. Siregar menjadi nyonya rumah pertemuan Addie MS dan rombongan dengan masyarakat Indonesia di Ceko dan media Ceko di Wisma Duta Praha, pada 19 April lalu.

"Dalam sambutannya Duta Besar RI di Praha menyampaikan penghargaannya bahwa kehadiran musisi ternama Indonesia Addie MS di Praha telah mengisi lembaran baru buku hubungan bilateral Indonesia dan Ceko dengan memperkenalkan orkestra Indonesia. Sumbangsih ini akan lebih meningkatkan hubungan bilateral kedua negara," ujar Sekretaris Ketiga Penerangan, Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia Praha, Arif Sulaksono melalui rilis yang dikirimkan kepada detikhot, Kamis (21/4/2011).

Smecky Studio yang berdiri pada 1946 terletak tepat di tengah kota Praha, berdekatan dengan Wenceslas Square (Vaclavske Namesti) yang historis. Saat ini studio Smecky merupakan "rumah" bagi Prague Philharmonic Orchestra, yang adalah bagian dari Czech Philharmonie.

Studio Smecky juga merupakan bagian dari perusahaan perfilman raksasa milik Ceko yaitu Barrandov Studios salah satu studio film tertua di Eropa. Dari awal berdirinya, Barandov Studios telah memproduksi rekaman musik untuk sekitar 2500 film Ceko maupun Internasional termasuk film blockbuster Hollywood seperti salah satu seri film Star Wars, ‘The Clone Wars’ (2008). Barrandov studios memiliki 9 studio besar ditambah studio outdoor dengan jumlah total area 106.000 meter persegi.


Menurut Addie MS, selama pengalamannya melakukan rekaman, Smecky Studio merupakan studio yang memiliki kualitas terbaik dan kota Praha terletak berdekatan dengan pusat asalnya symphony. Selama rekaman Addie MS bekerjasama dengan kelompok Prague Symphony Orchestra yang dibentuk oleh Rudolf Pekárek pada 1934, dan telah tampil di berbagai film dan radio Ceko serta di Eropa, Jepang dan Amerika Serikat. /detikhot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar